WieD_Wied Wiedya

sekedar iseng....

Menara Atom Brussel, Belgium

Bola kristal raksasa nan futuristis, itu adalah kesan pertama ketika pengunjung berwisata ke Brussel, Belgia, yakni, Atonium (wow menakjubkan). Menara Atomium ini menjadi salah satu ikon pariwisata Brussels, selain Manneken Piss. Letaknya sedikit di luar kota, tepatnya di kawasan Heysel Park. Berbagai gedung pameran bertebaran di sekitar lokasi ini. 

Monumen yang di Bangun sejak tahun 1958 untuk Expo ’58, Fair 1958 Brussels Dunia ini menjadi menara Eiffel-nya Brussel dengan memiliki tinggi sekitar 102 meter (335 kaki) dengan memiliki sembilan bola baja yg terhubung sehingga seluruh bentuk bentuk sel satuan kristal besi. Terdapat Tabung yang menghubungkan bola sepanjang 12 tepi kubus dan semua delapan bola simpul ke pusat. Terdapat pula fasilitas eskalator yang menghubungkan ruang pameran yang berisi lingkungan dan ruang publik lainnya. Lingkungan atas memberikan panorama Brussels. Setiap bola berdiameter 18 meter.

entrance

Atonium memiliki sembilan bola berdiameter 18 meter yang tertutup Aluminium dan saling terhubung dengan pipa baja. Total berat aluminium yang dipakai untuk menutupi bola ini mencapai 2.400 ton. Di dalam bola-bola tersebut terdapat terowongan yang dilengkapi elevator yang saling berhubungan.

Atonium , Brussel Belgium

Bentuk yang unik dari bola-bola di menara Atonium menggambarkan bentuk molekul besi yang diperbesar sampai 165 miliar kali. Arsitek pembuatan bola-bola ini yaitu Andre Waterkeyn perlu waktu 18 bulan untuk menyelesaikannya. Di bagian bola yang tertinggi pengunjung dapat menikmati pemandangan Distrik Heysel yang menawan. Tidak hanya itu, di bagian bola teratas ini juga terdapat sebuah restoran yang bernama Chez Adrienne (keren pasti klo bisa dinner diresto ini..hihihi)

Lift Penghubung di dalam menara

Dari bola utama yang menyentuh tanah, pengunjung bisa naik ke setiap bola dengan tangga atau lift penghubung. Untuk bisa masuk, wisatawan dewasa harus merogoh kocek 11 Euro (Rp 160.000) dan anak-anak 6 Euro (Rp 87.000). Jika ingin gratis, menikmati keindahan Atomium dari luar pun sudah cukuplah (kasian hihihi...)

Bola utama di bagian bawah berfungsi sebagai pondasi dan jalan masuk. Bola-bola lain berfungsi sebagai ruang pameran, ruang anak-anak, juga ruang konferensi. Bola di titik pusat menjadi ruang rehat dan makanan ringan. Bola tertinggi menjadi restoran dan tempat melihat panorama.

Desain yang unik dan futuristis tentu saja tidak boleh mengesampingkan aspek keselamatan. 3 Bola dalam stuktur yang paling luar tidak boleh digunakan untuk menjaga kestabilan. Dalam desainnya, Atomium sudah lolos uji ketahanan angin 80 km/jam. Renovasi pun sudah dilakukan dengan mengganti bahan asli berupa alumunium menjadi baja agar lebih kokoh.
Komplek Atonium juga dianggap sebagai 'Miniatur Eropa.' Bangunan-bangunan bersejarah Eropa dapat dilihat termasuk Menara Eiffel Paris dan Gedung Parlement Inggris. Bagusnya miniatur ini tidak sekedar menampilkan fisiknya tapi juga lingkungan dan aktivitas yang ada di sekelilingnya.

Atonium at night

Tak jauh dari Atonium ada Drupark, sebuah taman yang di atasnya banyak berdiri bangunan desa Belgia dari masa lampau, lengkap dengan kafe dan restoran yang menyajikan masakan khas Belgia. Di samping taman ini ada pula Kinepolis yaitu salah satu bioskop terbesar di Eropa.


klo untuk dijadikan sebagai salah satu tempat berkunjung mantap abis deh....


see you belgium....i will coming to you, i wish...^_*

0 comments: